Produksi Kopi Solok Selatan Meningkat, Kopi Dataran Tinggi Ini Digemari Karena Rasa Khas yang Nikmat & Ringan

- 8 Maret 2021, 18:10 WIB
Industri Kopi Solok Selatan
Industri Kopi Solok Selatan /Four Coffee, Solok Selatan/

POJOKNEWS - Masyarakat Sumatera Barat dikenal sebagai penghuni warung kopi. Segaris dengan itu, Ranah Minang yang dilalui Bukit Barisan dengan dataran tinggi gunung dan pegunungan juga tumbuh kopi-kopi nikmat. Salah satunya Kopi Solok Selatan.

Nama Kopi Solok Selatan memang tak setenar kopi asal Sumatera lainnya seperti Kopi Gayo, Kopi Mandahiling atau Kopi Sidikalang.

Nah, kini Pemkab Solok Selatan mencoba menyuguhkan kopi wilayahnya menggeliat dan menjadi primadona bagi penikmat kopi di Nusantara bahkan dunia.

Jalan meraih nama besar Kopi Solok Selatan telah dilakukan pemerintah dan masyarakat Solok Selatan. Pengembangan pertanian kopi terus dilakukan. Lahan untuk tumbuhnya kopi juga semakin berkembang.

Baca Juga: AC Milan dan Juventus Raih Kemenangan Penting di Liga Italia Pekan ke-26, Pepet Inter di Puncak Klasemen

Aroma Kopi Solok Selatan cukup khas bagi para penikmat kopi. Jenis kopinya adalah kopi arabika dengan grade speciality coffee atau kopi premium.

Dibanding kopi arabika lainnya yang banyak tumbuh di Indonesia, Kopi Solok Selatan punya rasa lebih ringan dan memiliki aroma rempah yang lebih dominan.

Bagi penyuka kopi Arabica, bisa menemukan sensasi rasa lemon dan coklat. Banyak yang menyebut, kopi Minang Kabau ini punya rasa mirip kopi-kopi Afrika.

Baca Juga: 7 Pelajar Terbaik Putra Asli Papua Dikirim Belajar ke 3 Universitas di Amerika

Halaman:

Editor: Amir Hamzah


Tags

Artikel Terkait

Terkini

X