Kue Maksuba Dari Pelembang, Kue Nikmat yang Wajib Ada di Setiap Momen Istimewa

- 21 November 2020, 11:42 WIB
Kue Maksuba dari Palembang /Indonesia.go.id/

POJOKNEWS - Bicara makanan dari Palembang, pasti kata utama yang keluar adalah pempek. Ya, pempek Palembang memang terkenal, gurih dan punya kuah yang menggugah selera. Ada satu lagi penganan enak dari Palembang, Namanya kue maksuba.

Kue tradisional dari Palembang ini tidak pernah absen disajikan saat momentum-momentum tertentu seperti acara lamaran, pernikahan, atau ketika Idulfitri. Kue maksuba menjadi kue spesial di Palembang.

Kue maksuba biasanya dibawa sebagai antaran calon pengantin pria saat bertandang ke kediaman calon pengantin perempuan.

Begitu pula ketika hari lebaran, kue ini ikut dibawa pasangan pengantin baru ketika mengunjungi rumah orang tua atau mertua.

Membawa kudapan ini merupakan bentuk penghargaan kepada orang yang dihormati, seperti para orang tua dan mertua.

Baca Juga: Bermotor Dari Sulawesi ke Padang Demi Ikut MTQ , Pasutri Ini Jelajah 15 Provinsi Selama 16 Hari

Kue ini hampir mirip dengan kojo, kue tradisional Palembang lainnya. Hanya saja, maksuba mengandung susu dan warnanya tidak hijau. Warnanya cenderung kuning dengan garis-garis hitam di tengahnya, sekilas kue ini mirip dengan kue lapis legit.

Dikutip dari Indonesia.go.id, disebutkan, seperti kue basah pada umumnya, maksuba dibuat dari bahan dasar telur, gula pasir, mentega, vanila, dan tentu saja susu kental manis warna putih.

Keunikan kue maksuba terletak pada bahan telurnya, karena yang dipakai bukan telur ayam tetapi telur bebek. Ini membuat tekstur kue menjadi pulen serta padat dan rasanya nikmat.

Halaman:

Editor: Amir Hamzah

Sumber: indonesia.go.id


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X