Warning! Gelombang Tinggi 4-6 Meter Diperkirakan Terjadi di Pantai Selatan Jawa Tengah dan DIY

- 4 April 2021, 13:30 WIB
BMKG sebut ada kemungkinan gelombang tinggi di sejumlah laut Indonesia.
BMKG sebut ada kemungkinan gelombang tinggi di sejumlah laut Indonesia. /PIXABAY/DIMITRISVETSIKAS/PIXABAY

POJOKNEWS - Info penting soal gelombang tinggi di Samudra Hindia selatan Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Daerah Istimewa Yogyakarta disampaikan BMKG.

Masyarakat diminta waspada karena diprakirakan gelombang tinggi mencapai kisaran 4-6 meter atau masuk kategori sangat tinggi.

Analis cuaca BMKG Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap, Jawa Tengah, Rendi Krisnawan mengatakan, selain di Samudra Hindia selatan Jabar-DIY, gelombang sangat tinggi juga berpotensi terjadi di Jawa Barat.

"Antara lain perairan selatan Sukabumi, Cianjur, Garut, Tasikmalaya, dan Pangandaran," kata Rendi di Cilacap, Jateng, Minggu (4/4/2021).

Sementara itu, kata dia, tinggi gelombang di perairan selatan Cilacap, Kebumen, Purworejo, dan Yogyakarta diprakirakan mencapai kisaran 2,5-4 meter atau masuk kategori tinggi.

Baca Juga: Jadwal Lengkap Seri Kedua MotoGP 2021, Marc Marquez Masih Digantikan Stefan Bradl di MotoGP Doha

Menurut dia, potensi terjadinya gelombang tinggi hingga sangat tinggi tersebut dipicu oleh munculnya tiga pusat tekanan rendah, yakni 1.004 hPa di Samudra Hindia barat Lampung, 1.000 hPa di Perairan Rote-Kupang, NTT, dan 1.007 hPa di Laut Arafuru.

Selain itu, angin di belahan bumi selatan bertiup dengan kecepatan berkisar 5-35 knot dari barat daya-barat laut.

"Oleh karena itu, kami mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi yang berlaku hingga tanggal 5 April 2021 dan akan diperbarui jika ada perkembangan lebih lanjut," katanya.

Halaman:

Editor: Amir Hamzah

Sumber: ANTARA


Tags

Terkini

X