Polri Akan Tegas Kawal Pelarangan Mudik 2021, Siapkan 333 Titik penyekatan Mulai dari Bali hingga Lampung

- 9 April 2021, 11:18 WIB
Polri menambahkan titik pengawasan selama Larangan Mudik 2021
Polri menambahkan titik pengawasan selama Larangan Mudik 2021 /Pikiran Rakyat

POJOKNEWS - Pemerintah telah menetapkan aturan larangan mudik mulai dari 6-17 Mei sebagai upaya menekan penyebaran Covid-19. Masyarakat yang nekat mudik perlu waspada, karena Polri akan mengawal kebijakan ini dengan tegas.

Untuk mendukung peraturan pemerintah, Polri akan menyiapkan 333 titik penyekatan jalur mudik yang tersebar mulai dari Bali hingga Lampung.

Kakorlantas Polri, irjen Pol Istiono menerangkan, penyekatan jalur mudik dilakukan sebagai upaya membantu pemerintah untuk menerapkan larangan mudik Lebaran 2021 nanti.

Hal ini juga dilakukan sebagai upaya untuk menekan angka penyebaran Covid-19, karena hampir di setiap hari libur panjang ataupun nasional angka tersebut meningkat drastis.

Baca Juga: Istri Hilang di Mall SKA Pekanbaru, Suami Buat Sayembara Berhadiah 100 Juta Buat yang Menemukan

Polri tentunya akan melakukan operasi kemanusiaan ketupat 2021. Yang mana operasi tersebut akan mengedepankan tindakan persuasif serta humanis dari anggota Polri,” jelas Istiono dalam konferensi pers yang disiarkan secara virtual melalui akun YouTube Sekretariat Negara, Jumat (9/4/2021).

Rencananya, operasi tersebut akan digelar di 34 provinsi, dimana Polri juga akan memedomani salus populi suprema lex esto atau keselamatan rakyat memiliki hukum tertinggi.

Lebih lanjut, Istiono juga menguraikan bahwa Polri akan menyiapkan ratusan titik penyekatan jalur serta membuat pos pemeriksaan di tiap daerah.

Baca Juga: Celengan Ramadhan Diperkenalkan Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran Untuk Sambut Bulan Puasa 2021

Di momen ini, Kata Kakorlantas, Polri akan menggelar dan membuat penyekatan jalur di 333 titik, khususnya di titik utama mulai dari Lampung hingga Bali.

“Itu merupakan bagian titik mobilisasi utama yang mana kita harus lakukan penyekatan selain adanya check point yang juga kita bangun. Nantinya, titik penyekatan jalur tersebut akan dibangun di perbatasan daerah baik provinsi atau kabupaten/kota untuk mengantisipasi mudik,” lanjutnya.

Baca Juga: Gubernur Anies, Mampir Sejenak NikmatiJamu di Warung Jamu Bukti Mentjos-Salemba

Sebelum pelaksanaan operasi ketupat nanti, Polri juga akan melakukan operasi keselamatan pada 12-27 April mendatang.

“Operasi ini bertujuan untuk mensosialisasikan masyarakat secara luas terkait peniadaan mudik Lebaran. Selain sosialisasi, kita juga akan membagikan masker, menyediakan layanan rapid antigen gratis hingga kegiatan sosial lainnya ya. Intinya untuk membangun kesadaran masyarakat agar tidak mudik,” Tandas Kakorlantas.***

Halaman:

Editor: Amir Hamzah


Tags

Terkini

X