Masyarakat Bisa Mudik Sebelum Tanggal Larangan Mudik 2021, Asal Bawa Surat Keterangan Sehat

- 13 April 2021, 17:32 WIB
Ilustrasi arus mudik Lebaran 2021.
Ilustrasi arus mudik Lebaran 2021. /ANTARA/Dedhez Anggara

POJOKNEWS - Aktivitas mudik 2021 dilarang oleh pemerintah dalam rangka menekan penyebaran Covid-19. Sementara masyarakat masih bisa bepergian atau menerobos penyekatan polisi sebelum tanggal pelarangan itu, asalkan membawa surat keterangan sehat.

Karobinops Sops Polri, Brigjen Pol Roma Hutajulu menjelaskan, pihak kepolisian masih akan memberikan kelonggaran bagi masyarakat yang ingin berpergian keluar kota atau daerah sebelum libur Idul Fitri 2021 atau tepatnya pada 26 April-5 Mei mendatang.

Diketahui, pada periode tersebut akan diberlakukan Kegiatan Kepolisian Yang Ditingkatkan (KKYD), yang mana masyarakat masih diperbolehkan melintas asal membawa surat keterangan sehat.

"Pada masa tersebut, check point akan dijaga oleh anggota kepolisian dan stakeholder terkait seperti TNI dan aparat pemerintah daerah untuk melakukan penyekatan di sejumlah titik terkait larangan mudik," ujar Roma dalam sebuah webinar, Selasa (13/4/2021).

Baca Juga: Operasi Keselamatan Lodaya Digelar Polda Jabar untuk Cegah Pemudik dan Sosialisasi Covid-19 yang Mengintai

"Namun di sini, kami masih memberikan kelonggaran berupa pemeriksaan kesehatan di check point yang tersedia," sambungnya.

Lebih lanjut, Roma menjelaskan bahwa pihaknya akan memutarbalikkan kendaraan dan penumpang yang tidak membawa atau melengkapi diri dengan surat kesehatan. Selain itu, pihak kepolisian juga tetap memantau dan melakukan pemeriksaan terkait Covid-19.

Tak hanya itu, kendaraan yang memiliki kepentingan juga dapat melakukan perjalanan asalkan membawa surat perjalanan dinas dari institusi terkait. Hal ini dilakukan, untuk mencegah masyarakat melakukan mudik Lebaran 2021.

Baca Juga: Satu Musim 2020 Berlalu Dua Seri 2021 Terlewati, Marc Marquez Membalap Lagi di MotoGP Portugal 2021 Pekan Ini

"Ini jadi salah satu contoh (perkiraan) arus mudik yang kita dahului. Kita melakukan antisipasi, dimana melalui arus mudik ini bisa diloloskan, asalkan telah melewati pemeriksaan di pos check point yang sudah dijelaskan diawal," paparnya.

Sementara itu, pemerintah sudah menyatakan mudik 2021 dilarang. Pelarangan berlaku untuk seluruh lapisan masyarakat mulai tanggal 6 – 16 Mei 2021.***

Editor: Amir Hamzah


Tags

Terkini

X