Dua Minggu Paska Libur Panjang Paskah, Pasien Rawat Inap di RSD Wisma Atlet meningkat

- 19 April 2021, 21:19 WIB
ilustrasi Salah seorang warga melintas di kawasan Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat yang dijadikan sebagai Rumah Sakit Darurat COVID-19
ilustrasi Salah seorang warga melintas di kawasan Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat yang dijadikan sebagai Rumah Sakit Darurat COVID-19 /ANTARA/

POJOKNEWS - Lagi-lagi libur panjang membuat angka pasien di RS Corona meningkat. Dua pekan setelah libur panjang Paskah, jumlah pasien rawat inap Covid-19 di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat, meningkat.

Disebutkan, peningkatan terjadi sebanyak 25 persen dari total kapasitas jika dibandingkan pada pekan lalu.

Komandan Lapangan RS Darurat COVID-19 Wisma Atlet Kemayoran Letkol Laut Muhammad Arifin menyebutkan dalam dua hari pada akhir pekan lalu, okupansi atau keterisian pasien meningkat dari 21 persen menjadi 25 persen.

"Mungkin efek dari liburan panjang dua minggu lalu (Paskah), jadi efeknya sekarang. Ya polanya seperti itu, kalau libur panjang pasti naik," kata Arifin di Jakarta, Senin (19/4/2021) dikutip dari Antara.

Baca Juga: Menteri Luar Negeri Iran Kunjungi Indonesia, Bahas Kerjasama Bilateral dengan Presiden Joko Widodo

Letkol Muhammad Arifin menjelaskan bahwa meski tidak signifikan, peningkatan pasien terjadi diduga karena dampak libur panjang pada peringatan Paskah awal April lalu.

Ada pun berdasarkan data yang diperoleh, jumlah pasien rawat inap terkonfirmasi positif pada Minggu (11/4) mencapai 1.363 orang, sedangkan pada pekan lalu, Minggu (18/4), jumlah pasien mencapai 1.510 orang.

Arifin menjelaskan bahwa kondisi libur panjang memang banyak dimanfaatkan oleh masyarakat untuk melakukan mobilitas.

Baca Juga: Marc Marquez Menangis di Paddock Usai Balapan Perdananya Setelah 9 Bulan Absen, Mengapa?

Halaman:

Editor: Amir Hamzah


Tags

Terkini

X