Karena Covid-19 Indonesia Menolak WN India Masuk Indonesia

- 26 April 2021, 11:24 WIB
Warga Negara India yang akan dipulangkan ke negara asalnya.
Warga Negara India yang akan dipulangkan ke negara asalnya. / Instagram/@humaspolrestabandarasoetta/

POJOKNEWS - Lonjakan tajam Covid-19 di India membuat warganya mengungsi ke luar negeri. Indonesia jadi salah satu tujuannya. Demi mencegah penularan dari luar ini, Indonesia untuk sementara waktu tidak akan menerbitkan visa dalam bentuk apapun untuk WNA India.

Larangan bagi WN India masuk Indonesia berlaku resmi per 25 April 2021. Namun, sejumlah WN India bisa tetap masuk RI dengan syarat-syarat tertentu.

Dikutip dari Indonesia.go.id, pelancong India datang ke Indonesia itu biasa. Dari 1,3 miliar penduduknya, sekitar 10 persennya ialah kelas menengah yang biasa melancong ke luar negeri, termasuk Indonesia.

Bahkan, ada tren kedatangan mereka makin besar. Pada 2019, turis India tercatat 657 ribu. Destinasi utama mereka ialah Bali, Jakarta, Medan, Yogyakarta, dan sejumlah kota lainnya. Hampir 60 persen ke Bali.

Namun gejala yang berbeda terlihat sejak pekan kedua April 2021. Semakin banyak turis India yang datang di tengah sepinya wisatawan mancanegara (wisman) dari negara lain. Rupanya, kedatangan sebagian mereka terkait ledakan Covid-19 yang begitu membadai bak tsunami di negerinya. Warga kelas menengah itu memilih pergi keluar negeri, jika memungkinkan.

Baca Juga: 4 Momen Libur Panjang yang Membuat Kasus Corona Meningkat Tajam dan Cetus Kebijakan Mudik 2021 Dilarang

Salah satu destinasinya adalah Indonesia, yang relatif dekat dan murah. Namun sejak pandemi Covid-19, layanan visa on arrival  tak ada lagi di bandara seluruh Indonesia. Surat Edaran (SE) Satgas Covid-19, bertanggal 9 Februari 2021, jelas masih melarang kunjungan pelancong dari negeri manapun.

Mengacu pada Permenkumham nomor 26 tahun 2020 yang diterbitkan 29 September 2020, SE Satgas Covid-19 itu menyaring kedatangan WNA itu secara ketat. Yang diizinkan, antara lain, mereka yang memiliki kartu izin tinggal terbatas (Kitas) yang diterbitkan Ditjen Imigrasi RI.

Syarat lain ialah mereka awak kapal atau kru pesawat, atau mereka yang sudah mengantungi visa kunjungan atau  visa tinggal terbatas (vitas) dari Kantor Perwakilan RI di luar negeri, karena perjalanan bisnis, kerja sebagai profesional, urusan dinas, atau kunjungan keluarga yang mendesak.

Halaman:

Editor: Amir Hamzah

Sumber: indonesia.go.id


Tags

Terkini

X