Biaya Pembuatan SIM Banyak yang Tak tahu, Tidak Mahal, Ini Besarannya dan Jangan Terjebak Biaya Calo

- 8 November 2020, 10:19 WIB
Masyarakat melakukan Pembuatan SIM di Satpas SIM /Instagram/Polrestabes Bandung

POJOKNEWS - PaSti banyak orang yang tidak tahu berapa rincian Biaya Pembuatan SIM (Surat Izin Mengemudi). Hanya segelintir orang yang tahu lalu mengurus pembuatan SIM secara pribadi. Namun banyak juga yang mengandalkan jasa pembuatan SIM alias dibantu calo.

Mereka yang mengandalkan pembuatan SIM melalui jasa calo biasanya tidak tahu berapa Biaya Pembuatan SIM. Mereka umumnya tinggal terima beres dengan membayar sebuah nominal yang nilainya berkali-kali lipat jika urus SIM sendiri secara pribadi.

Sebetulnya, Biaya Pembuatan SIM tidaklah terlalu besar. Namun sekali lagi banyak masyarakat tidak mau ribet, lalu mengandalkan pembuatan SIM melalui jasa calo. Karena itu, Biaya Pembuatan SIM menjadi bengkak.

Jika tidak mempunyak SIM sebaiknya jangan mempermasalahkan Biaya Pembuatan SIM yang angkanya mulai seratus ribu rupiah saja. Namun ketahuilah sebagaimana ditetapkan UU Lalu Lintas, mengendarai kendaraan bermotor di Indonesia diwajibkan memiliki Surat Izin Mengemudi atau SIM.

SIM menjadi dokumen wajib bukti registrasi dan identifikasi yang dikeluarkan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) kepada seseorang untuk berkendara.

Terdapat beberapa syarat untuk memenuhi kepemilikan SIM. Seperti syarat administrasi, sehat jasmani dan rohani, paham terkait aturan lalu lintas, serta terampil mengemudikan kendaraan bermotor.

Sebagaimana ditulis pikiran-rakyat.com dengan link berita, https://www.pikiran-rakyat.com/otomotif/pr-01921799/jangan-sampai-tertipu-dan-dijebak-calo-ini-harga-resmi-bikin-sim-tahun-2020, kepemilikan SIM diatur dalam Pasal 77 ayat 1 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009.

Isinya mengatakan setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan wajib memiliki SIM sesuai dengan jenis kendaraan bermotor yang dikemudikan.

Untuk jenis, terdapat dua jenis SIM yang dikeluarkan Polri, yakni :

Halaman:

Editor: Amir Hamzah


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X