Maaf Buat Lulusan Fresh Greduated! Lowongan CPNS Tidak Akan Dibuka Hingga Tiga Tahun ke Depan

- 20 November 2020, 09:57 WIB
Ilustrasi seleksi CPNS 2021. /ANTARA/Irwansyah Putra

POJOKNEWS - Para sarjana baru tahun ini atau tiga tahun ke depan harus mencari pekerjaan di bidang swasta. Pasalnya, pemerintah dikabarkan tidak akan membuka lowongan CPNS hingga tahun 2023.

Artinya, hingga tiga tahun ke depan peminat CPNS harus menunda dulu impinannya untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Kementerian Pendayaangunaan Aparatus Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) menyampaikan bahwa Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 dikabarkan akan menjadi rekrutmen terakhir untuk Kemenpan-RB.

Kata Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Tjahjo Kumolo, Kemenpan-RB tidak akan mengangkat PNS baru sampai tahun 2023 mendatang.

Baca Juga: Hore! PT KAI Umumkan Perjalanan Kereta Api Tanpa Syarat Test Covid-19, Cek Rute-Rutenya di Sini!

Kabar tersebut disampaikan dengan alasan pandemi Covid-19, yang memaksa perubahan dan penyesuaian model birokrasi tahun 2020 hingga 2024 mendatang.

Dikutip dari AntaraNews disebutkan juga, model birokrasi untuk 2020 hingga 2024 akan berubah seiring transformasi digital, hal itu membuat manajemen PNS juga akan menetapkan adaptasi kebiasaan baru.

"Karena dengan sistem kerja di rumah, dengan sistem kerja di kantor, dengan berbagai inovasi, dengan berbagai teknologi informasi yang ada, (Kementerian) ini akan membangun sistem yang lebih terencana dan lebih taktis," ujarnya Tjahjo Kumolo.

Tjahjo Kumolo juga mengungkapkan, pemerintah ingin melakukan otomatisasi proses pelayanan publik di kementerian atau lembaga hingga pemerintah daerah.

Halaman:

Editor: Amir Hamzah


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X