Ternyata Tidak Semua Guru Berhak Mendapat BLT Kemendikbud, Siapa Saja Mereka?

- 20 November 2020, 21:35 WIB
Cek BLT Guru Honorer info.gtk.kemdikbud.go.id tak bisa diakses, ini mekanisme pencairan BSU /Foto: Tangkapan layar Instagram @kemdikbud.ri

POJOKNEWS - Tidak semua guru bakal mendapat bantuan langsung tunai BLT atau subsidi upah dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Ada beberapa syarat yang diberikan pemerintah atau Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan yang harus dipenuhi agar mendapat bantuan langsung tunai BLT untuk guru honorer.

Bantuan subsidi upah BSU itu diberikan kepada guru honorer masing-masing Rp 1,8 juta.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim mengatakan, BLT gaji guru honorer ini diberikan kepada guru honorer sebagai bentuk apresiasi pemerintah karena selama pandemi Covid-19, para guru honorer tetap berjuang mengajar anak didiknya.

"Pemerintah harus hadir untuk para tenaga honorer dan dosen-dosen kita untuk bisa melalui masa kritis ini. dengan bantuan ekonomi yang bisa menyemangati mereka untuk terus mendidik anak-anak kita, untuk terus berinovasi di bidang pendidikan," ucapnya yang dikutip dari akun Youtube Kemendikbud.

Pemerintah menyiapkan Rp. 3,66 triliun untuk guru honorer yang dibagikan satu kali sebesar Rp. 1,8 juta per orang.

Adapun syarat penerima bantuan ini pertama guru atau tenaga pendidik harus berstatus non-PNS yang meliputi dosen, guru, guru yang diberi tugas sebagai kepala sekolah, pendidik PAUD, pendidik kesetaraan, tenaga perpustakaan, tenaga laboratorium dan tenaga administrasi.

"Berarti operator sekolah pun termasuk dalam bantuan subsidi upah ini," ucapnya.

Selain itu, pemerima bantuan ini juga harus berstatus Warga Negara Indonesia (WNI) dan tidak berstatus sebagai pegawai negeri sipil (PNS).

Halaman:

Editor: Adi Restu

Sumber: Jurnal Arena


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X