Mengemudi Aman saat Hujan, Cek Empat Komponen Ini

- 19 November 2020, 19:50 WIB
Mengemudi mobil saat hujan, pastikan komponen mobil dalam kondisi sehat /mmksi

POJOKNEWS - Beberapa bulan ini cuaca di Indonesia sudah memasuki musim hujan. Ketika memasuki musim hujan tentu ada hal yang perlu disiapkan sebelum Anda memulai aktivitas berkendara dengan mobil kesayangan.

Dalam kaitannya dengan berkendara, persiapan menghadapi musim hujan tidak sekedar membawa payung di dalam mobil, namun kondisi kendaraan juga harus diperhatikan dan dipersiapkan, dikarenakan situasi jalan saat hujan berbeda dengan kondisi jalan saat kering.

Persiapan kendaraan untuk musim hujan dilakukan dengan memeriksa komponen penting di mobil dengan fungsi penting untuk digunakan pada kondisi hujan agar dapat digunakan secara optimal.

Berikut beberapa komponen mobil yang dapat dicek sebagai persiapan berkendara di musim hujan.

Cek kondisi wiper

Wiper merupakan peranti utama di mobil yang wajib diperiksa. Wiper berfungsi untuk menyapu air dari kaca mobil agar visibilitas pengemudi tetap terjaga, sangat dibutuhkan ketika berkendara.

Untuk itu pengecekan wiper menjadi hal yang wajib dilakukan ketika memasuki musim hujan.

Periksa kondisi karet wiper, jika kondisi karet wiper sudah keras maka sebaiknya dilakukan penggantia agar berfungsi tetap optimal untuk menjaga visibilitas pengemudi saat hujan. Selain itu, lakukan perawatan pada tabung air wiper dan nosel penyemprot.

Pastikan kondisinya selalu bersih agar air yang disemprotkan tidak kotor karena endapan lumpur, lumut, atau kotoran lainnya.

Halaman:

Editor: Adi Restu


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X