Segera.. Kominfo Cari 1.000 Startup Digital

- 13 September 2020, 13:19 WIB
Menteri Kominfo Johnny G Plate /kominfo

POJOKNEWS - Guna mendorong inovasi anak bangsa untuk penguatan ekosistem ekonomi digital di Indonesia selama pandemi Covid-19, Kementerian Komunikasi dan Informatika mendorong penguatan literasi digital dan pembangunan infrastruktur telekomunikasi.

“Bersamaan dengan hal ini, Kementerian Kominfo pun sedang melakukan percepatan transformasi digital yang menitikberatkan pada empat poin utama yaitu pembangunan infrastruktur telekomunikasi, keamanan, dan perlindungan data pribadi, pembangunan SDM atau talenta digital, serta regulasi digital yang mumpuni,” tutur Menteri Kominfo Johnn G. Plate dalam Pembukaan Batch 4 Ignition Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital, dari Jakarta, Sabtu (12/09/2020).

Menurut Menteri Johnny, pada saat Covid-19 terjadi, tidak semua startup digital di Indonesia dapat bertumbuh. Namun, ada juga beberapa startup yang mengalami tekanan, khususnya startup digital di sektor pariwisata, perhotelan, maritim, dan transportasi.

Baca Juga: Ini Syaratnya Dapat Bantuan Rp500 ribu per KK dari Kemensos

Meskipun demikian, Menteri Kominfo menyatakan ada beberapa startup yang dihasilkan dari program 1.000 Startup Digital banyak membantu pemecahan masalah di daerah. "Salah satunya adalah Startup Jahitin asal Surabaya, yang pada awal Covid-19 terjadi turut membantu pengadaan alat pelindung diri (APD) di Indonesia pada saat itu," ungkapnya.

Menteri Johnny juga menyebutkan startup Tumbasin asal Semarang, yang memanfaatkan teknologi digital untuk membantu pedagang pasar agar tetap berjualan dan mengantarkan produk pasar kepada pelanggan secara aman.

"Inilah mengapa invensi, dan inovasi dibutuhkan untuk terus membantu perputaran ekonomi di dalam negeri, terutama di daerah dapat tetap berjalan," jelasnya.

Baca Juga: Gelombang 8 Kartu Prakerja telah dibuka, ini Cara Daftarnya dan Bila Gagal

Oleh karena itu, Menteri Johnny menegaskan melalui Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital, Kementerian Kominfo berkomitmen membentuk pembangunan SDM atau talenta digital yang terfokus pada 3 target peserta, yaitu calon chief startup founderfounder startup pemula, serta individu berkeahlian spesifik yang dapat membantu berjalannya startup pemula.

Halaman:

Editor: Parulian Matondang

Sumber: Kominfo


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Segera.. Kominfo Cari 1.000 Startup Digital

13 September 2020, 13:19 WIB

Yuk, Bersihkan Konten Pornografi di Sosmed

7 September 2020, 21:32 WIB

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X